Kamis, 05 Januari 2012

ABSTRAKSI

ABSTRAKSI


Agus Wahidin, Frengky K. Sihotang, Kevin W. H. Sirait, M. Mustaffa Fajra, M. Ikhwan, Theresia O.R. Pasaribu, Tieja Yudha H.P/30410343, 39410830, 38410892, 34410136, 30408582, 39410086, 364100894.
Laporan Akhir Praktikum Teori Probabilitas, Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Gunadarma, 2011.
Kata Kunci: Distribusi, Peluang, Penyebaran, Probabilitas, Pemusatan
(xii + V-5 + L-6)

Semakin berkembangnya teknologi semakin banyak pula masalah yang terdapat didalamnya (manufaktur). Perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri sekarang telah memberikan kontribusi yang sangat besar disegala bidang, tidak terkecuali di bidang industri. Statistika terbagi ke dalam statistika deskriptif dan statistika inferensia. Pembahasan pada laporan akhir praktikum teori probabilitas ini berada dalam ruang lingkup statistika deskriptif yang mencakup ukuran pemusatan, ukuran penyebaran, probabilitas, distribusi hipergeometrik, dan distribusi normal. Ukuran pemusatan digunakan untuk mencari nilai modus, median dan mean, salah satu contoh yang terdapat dalam ukuran pemusatan adalah mengenai mean dari panjang bahu hingga pergelangan tangan para karyawan CV Rommi Jaya.
Ukuran penyebaran digunakan untuk penggambaran serangkaian data atau untuk membandingkan dua atau lebih rangkaian data, salah satu contoh yang terdapat dalam ukuran penyebaran biasanya digunakan oleh perusahaan yang memproduksi jok mobil untuk standarisasi keamanan dan kenyamanan pengendara mobil.Probabilitas digunakan untuk mencari peluang suatu kejadian, salah satu contoh yang terdapat dalam probabilitas adalah mencari minat masyrakat dalam mengkonsumsi permen.
Distribusi hipergeometrik digunakan untuk mencari probabilitas dari suatu populasi yang diambil sampelnya tanpa pengembalian, salah satu contoh yang terdapat dalam distribusi hipergeometrik adalah menghitung probabilitas banyaknya permen statsion rasa anggur yang terambil dari setiap pengambilan secara acak. Distrbusi normal digunakan untuk mencari probabilitas dari suatu data yang bergantung pada dua parameter yaitu nilai rata-rata dan simpangan baku, salah satu contoh yang terdapat dalam distribusi hipergeometrik adalah penelitian terhadap berat rata-rata dari produk Momogi coklat.


           
Daftar Pustaka (1995-2001)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar